Wednesday, January 11, 2012

Software untuk Menggabungkan Part File

Pernah saya cari-cari file di internet. Setelah yang saya cari ketemu, eh ternyata filenya di buat part 01, part 02, part 03, dst. Awalnya saya kira itu seperti kaset side A dan side B. Masuk akal jika yang saya download tadi itu film. Misalnya filenya film.avi.001. Saya hapus aja itu yang 001, terus filenya berubah jadi film.avi.

Teori tadi pernah saya praktekkan.  Ternyata berhasil!!! Filmnya bisa di play dan di tonton. Tapi terus muncul masalah, part 02 g bisa diplay meski 002nya dah dihilangkan. Beberapa waktu kemudian ketemu juga software buat gabungin part file. Namanya hjsplit. Software ringan yang sangat berguna. Cara pakenya pun mundah.




Kalo mau gabungin semua part :
1. Buat New Folder dan taruh semua file dari part 001 sampe yang terakhir
2. Buka hjsplit.
3. Klik join.
4. Klik Input, cari di folder mana file tadi ditaruh.
5. Setelah ketemu, disitu nanti cuma terlihat bagian part pertama saja. Langsung double klik saja.
6. Klik Output, biasanya saya taruh hasilnya di folder yang sama. Tapi ini terserah mau ditaruh dimana.
7. Klik Start.

Kecepatan proses tergantung besar kecilnya file yang digabungin. Selain bisa gabungin file yang dipisah. Software ini juga bisa bagi file jadi beberapa part.Caranya hampir sama.

Kalo mau pisahin file jadi beberapa part :
1. Buka hjsplit, terus klik Split.
2. Klik Input, cari file yang mau dibuat jadi beberapa bagian.
3. Klik Output buat tentuin outputnya.
4. Besar tiap bagian/part bisa diatur. Bisa diliat di bagian -Split file size-. Pembagiannya bisa dalam Kb atau  Mb.
5. Klik Start.

Software ini tersedia gratis dan sudah terbukti bekerja dengan baik. Kalo belum punya bisa download software gratis disini.


Semoga bermanfaat.... ^^-


No comments:

Post a Comment