Friday, May 11, 2012

Mengatasi osjk8s.exe

Seminggu ini aku dibuat stres sama satu file ini, yaitu osjk8s.exe. Pada awalnya, aku ngrasa ada yang nggak beres sama PCku. Sering banget not responding. Bahkan pasti seperti itu kalau dah lama dipake. Cek sana cek sini, ternyata memorynya penuh. Aku cek lagi ternyata penyebabnya osjk8s.exe ini.

Ini profil osjk8s.exe yang aku dapat dari sini
Product: xvdRmcThraaNNoxJmFkJan
Company:
Description: (Empty Value)
Version: 1.1.0.1
MD5: 8FD94DBAD50ACD054878CEF5ADA7D0C6 *1
Size: 67072 *1
Directory: %APPDATA%\osjk8s.exe *1
Operating System: Windows XP *1


Program ini seperti menduplikasi program lain bawaan windows. Contohnya, jika aku mau hapus program ini nggak bisa. Aku cek lagi, malah muncul peringatan kalau meng-uninstal file ini, berarti meng-uninstal explorer. Kalau aku buka task manager, di sana keliatan kalau explorer.exe-nya ada 2. Jika duplikasi itu pertama kali muncul, ada terlihat kalau duplikator itu osjk8s.exe tadi yang kemudian berubah jadi explorer.exe. Nggak terbatas pada explorer.exe program lain pun bisa kena.

Aku dah coba berbagai cara, contohnya pakai SUPERAntiSpyware. Awalnya antivirus ini bisa mendeteksi keberadaan osjk8s.exe sebagai Trojan.Agent/Gen-Falint[Cont]. Tapi ternyata setelah direstart, file ini muncul lagi. Nyerah dengan cara antivirus, aku pun pakai cara barbar. Instal Ulang. Eh, ternyata nggak mempan juga. Belakangan file menjemukan itu balik lagi. Dah putus asa lagi deh. Dah ngibarin bendara putih bertingkat-tingkat. Tapi mau nggak mau ini file harus di atasi. PC cuma satu ini, mau cari gantinya juga masih jauuuuuuuuuuuuuuuh banget.

Terus, tiba-tiba kepikiran ide berdasarkan browsing-browsing. Dan ini cara buat lenyapin osjk8s.exe.
Aku pakai software uninstaller yaitu Revo Uninstaller. Sedangkan metode yang aku pakai adalah :

1. Matikan System Restore. Cara matiinnya untuk Windows 7 ada di sini.
2. Buka Task Manager. Cari osjk8s.exe di Image Name. Lalu diklik kanan, pilih Open File Location.
3. Jalankan Revo Uninstaller dan aktifkan Hunter Mode, lalu akan muncul tampilan berupa sasaran tembak warna biru muda.
4. Drag and drop di file osjk8s.exe terus pilih uninstall. Ok, Ok. Tak perlu takut proses ini akan menghapus explorer karena itu tidak terjadi.
5. Setelah itu, explorer akan otomatif mati. Buka Task Manager -> New Task... -> ketik tanpa tanda petik "msconfig" -> Starup
6. Uncheck atau hilangkan centang pada Startup Items yang 'Manufacturer'nya unknown
7. Buka explorer.exe lewat 'New Task...'nya Task Manager. Ketik explorer.exe lalu enter
8. Lihat lagi dimana letak osjk8s.exe tadi. Jika masih ada, delete atau hapus.
9. Restart PC

Untuk program SUPERAntiSpyware bisa didownload di sini
Untuk program Revo Uninstaller bida didownload di sini.

Semoga membantu... ^_^

1 comment: